Rabu, 25 Juli 2012

Pokok Materi Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

  • Standar Kompetensi:

    1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

    Kompetensi Dasar:

    1.2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

    Indikator:
    • Membuat dokumen baru
    • Mengatur unit pengukuran
    • Menggambar objek garis dan kurva
    • Memberi warna garis
    • Mengatur ketebalan garis
    • Menghilangkan garis
    Tujuan Pembelajaran:
    • Peserta didik mampu membuat dokumen baru
    • Peserta didik mampu mengatur unit pengukuran
    • Peserta didik mampu menggambar objek garis dan kurva
    • Peserta didik mampu memberi warna garis
    • Peserta didik mampu mengatur ketebalan garis
    • Peserta didik mampu menghilangkan garis
    Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
    Kelas : X
    Semester : 1

    Standar Kompetensi:

    1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

    Kompetensi Dasar:

    1.2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

    Indikator:
    • Menggambar rectangle
    • Menggambar ellipse
    • Menggambar polygon
    • Menggambar graph paper tool
    • Menggambar spiral tool
    • Menggambar artistik teks
    • Menggambar paragraf teks
    • Mengatur paragraf
    • Menggambar objek khusus
    Tujuan Pembelajaran:
    • Peserta didik mampu menggambar rectangle
    • Peserta didik mampu menggambar ellipse
    • Peserta didik mampu menggambar polygon
    • Peserta didik mampu menggambar graph paper tool
    • Peserta didik mampu menggambar spiral tool
    • Peserta didik mampu menggambar artistik teks
    • Peserta didik mampu menggambar paragraf teks
    • Peserta didik mampu mengatur paragraf
    • Peserta didik mampu menggambar objek khusus
    Alokasi Waktu : 4 × 45 menit
    Kelas : X
    Semester : 1

    Standar Kompetensi:

    1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

    Kompetensi Dasar:

    1.2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

    Indikator:
    • Menggunakan outline tool
    • Menggunakan fill tool
    • Mengatur outline dan fill tool
    • Mengelompokkan objek
    • Mengatur posisi objek
    Tujuan Pembelajaran:
    • Peserta didik mampu menggunakan outline tool
    • Peserta didik mampu menggunakan fill tool
    • Peserta didik mampu mengatur outline dan fill tool
    • Peserta didik mampu mengelompokkan objek
    • Peserta didik mampu mengatur posisi objek
    Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
    Kelas : X
    Semester : 1

    Standar Kompetensi:

    1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

    Kompetensi Dasar:

    1.2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

    Indikator:
    • Menggunakan shape tool
    • Menggunakan knife tool
    • Menggunakan erase tool
    • Menggunakan roughen brush
    • Menggunakan smudge brush
    • Menggunakan free transform
    • Menerapkan tool modifikasi objek pada desain logo
    Tujuan Pembelajaran:
    • Peserta didik dapat menggunakan shape tool
    • Peserta didik dapat menggunakan knife tool
    • Peserta didik dapat menggunakan erase tool
    • Peserta didik dapat menggunakan roughen brush
    • Peserta didik dapat menggunakan smudge brush
    • Peserta didik dapat menggunakan free transform
    • Peserta didik dapat menerapkan tool modifikasi objek pada desain logo
    Alokasi Waktu : 4 × 45 menit
    Kelas : X
    Semester : 1

    Standar Kompetensi:

    1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

    Kompetensi Dasar:

    1.2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

    Indikator:
    • Menyebutkan macam-macam shapping
    • Menggunakan shapping trim
    • Menggunakan shapping weld
    • Menggunakan shapping intersect
    • Menggunakan shepping simpify
    • Menggunakan shapping front minus back
    • Menggunakan shapping back minus front
    • Menerapkan shapping pada desain logo
    Tujuan Pembelajaran:
    • Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam shapping
    • Peserta didik dapat menggunakan shapping trim
    • Peserta didik dapat menggunakan shapping weld
    • Peserta didik dapat menggunakan shapping intersect
    • Peserta didik dapat menggunakan shepping simpify
    • Peserta didik dapat menggunakan shapping front minus back
    • Peserta didik dapat menggunakan shapping back minus front
    • Peserta didik dapat menerapkan shapping pada desain logo
    Alokasi Waktu : 4 × 45 menit
    Kelas : X
    Semester : 1

    Standar Kompetensi:

    1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

    Kompetensi Dasar:

    1.2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

    Indikator:
    • Menyebutkan macam-macam transformasi
    • Menggunakan transformasi posisi
    • Menggunakan transformasi rotasi
    • Menggunakan transformasi skala
    • Menggunakan transformasi ukuran
    • Menggunakan transforamsi skew
    • Menerapkan transformasi pada desain grafis
    Tujuan Pembelajaran:
    • Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam transformasi
    • Peserta didik dapat menggunakan transformasi posisi
    • Peserta didik dapat menggunakan transformasi rotasi
    • Peserta didik dapat menggunakan transformasi skala
    • Peserta didik dapat menggunakan transformasi ukuran
    • Peserta didik dapat menggunakan transforamsi skew
    • Peserta didik dapat menerapkan transformasi pada desain grafis
    Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
    Kelas : X
    Semester : 1

    Standar Kompetensi:

    1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

    Kompetensi Dasar:

    1.2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

    Indikator:
    • Interaktif efek
    • Efek lensa
    • Efek prespektif
    • Efek powerclip
    Tujuan Pembelajaran:
    • Peserta didik dapat menerapkan interaktif efek
    • Peserta didik dapat menerapkan efek lensa
    • Peserta didik dapat menerapkan efek prespektif
    • Peserta didik dapat menerapkan efek powerclip
    Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
    Kelas : X
    Semester : 1

    Standar Kompetensi:

    1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

    Kompetensi Dasar:

    1.2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

    Indikator:
    • 3D efek
    • Art stroke
    • Blur
    • Camera
    • Contour
    • Creative
    • Distort
    • Noise
    • Sharpen
    Tujuan Pembelajaran:
    • Peserta didik dapat menggunakan efek 3D efek
    • Peserta didik dapat menggunakan efek Art stroke
    • Peserta didik dapat menggunakan efek Blur
    • Peserta didik dapat menggunakan efek Camera
    • Peserta didik dapat menggunakan efek Contour
    • Peserta didik dapat menggunakan efek Creative
    • Peserta didik dapat menggunakan efek Distort
    • Peserta didik dapat menggunakan efek Noise
    • Peserta didik dapat menggunakan efek Sharpen
    Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
    Kelas : X
    Semester : 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar